Minggu, 19 Juni 2011

SKS: SISTEM KEBUT SEMALAM

Ujian tiba, SKS tiba…

Sistem SKS sangat akrab ditelinga setiap pelajar Indonesia. Semuanya sibuk mengerjakan tugas take home dan belajar untuk ujian semalam sebelum waktu yang ditentukan. Hal ini unik sekali bahkan saya menganggapnya lucu, mengapa kita selalu melakukan kesalahan yang sama setiap akan ujian maupun mengumpulkan tugas. Padahal kita tahu konsekuensi yang akan kita dapatkan. Bukankah bila kita belajar lebih awal atau mengerjakan tugas yang ada sebelumnya akan menghasilkan hasil yang optimal.

Namun, mengapa kita terus saja mengedepankan system SKS dalam kehidupan kita?Ini adalah pertanyaan sederhana yang memerlukan solusi yang tepat agar hidup kita sebagai pelajar jauh lebih baik. Kita memang mengenyam pendidikan bukan hanya untuk mengejar nilai, bahkan ada pula yang menganut kepercayaan bahwa nilai bukanlah segalanya, yang penting adalah PROSES. Ini adalah hak setiap orang masing-masing dalam urutan prioritasnya.

Sekarang yang harus kita kedepankan adalah mengubah main set kita dalam SKS itu sendiri, bila kita selalu mempersiapkan segalanya lebih awal, maka yang kita dapatkan pun jauh lebih baik. Hal ini berlaku dalam setiap halyang akan kita kerjakan, bukan hanya yang berhubungan dengan kelanjutan studi kita melainka kehidupan sosial kita juga.

Percayalah kawan bila mulai mempersiapkan segala sesuatunya dari awal mulai sekarang, maka hadiah yang kan kita dapatkan adalah kepuasan sejati ^^

0 komentar:

Posting Komentar