Jumat, 04 Juni 2010

TAPAK TILAS SETAN MERAH


Siapa yang tak kenal “setan merah” sebutan untuk tim sepak bola kebanggaan negri Ratu Elisabeth, Manchester United. Dimanapun kita berada, pastilah setiap orang mengenal tim yang satu ini. Tak heran tim sepak bola ini begitu jumawa, karena MU, begitulah para fans menyebutnya sangat rajin menyabet gelar juara. MU didirikan pada tahun 1878 dengan nama awal Newton Heath L&YR F.C. Barulah pada tahun 1902 berganti nama menjadi Manchester United F.C. Setan Merah yang satu ini sangat mendominasi di liga-liga domestic maupun liga-liga Internasional lainnya. Tak dapat dipungkiri, kejayaan MU didapat setelah tim ini diasuh oleh pelatih sekaliber Sir Alex Ferguson yang berkebangsaan Skotlandia. Ditangan Fergie, panggilan untuk Sir Alex, MU telah mendapatkan lebih dari 30 gelar bergengsi diberbagai kompetisi. MU baru saja merayakan hari jadi yang ke-100 untuk stadion kebanggaanya, Old Trafford. Stadion ini sangat terkenal dengan keangkerannnya. Banyak tim-tim kelas wahid terpaksa pulang dengan wajah tertunduk malu setelah melakoni laga dengan MU. Maka, sungguh tak heran jika stadion yang dijuluki ‘theatre of dream’ ini sangat ditakuti.
Sebagai salah satu tim terbaik didunia saat ini, MU ditaburi pemain- pemain bintang dan merupakan salah satu pabrik pencetak bintang sepak bola. Karena dari tangan dingin seorang Fergie yang telah mengarsiteki MU lebih dari 20 tahun, MU telah banyak mencetak pemain yang diantaranya menjadi legenda hidup sepak bola, pemain terbaik dunia bahkan pemain termahal didunia. Kita lihat saja yang baru-baru ini memecahkan rekor transfer termahal yakni Christiano Ronaldo. Angka 80 juta pound menjadi bandrol untuk pemain terbaik dunia 2008 ini. Fantastis!
Kedasyatan MU tak berhenti sampai disitu, tim yang bermarkas di kota Manchester ini sangat piawai menyebarkan magnet kepada para fansnya. Tercatat saat ini, MU merupakan tim sepak bola yang memilki jumlah fans terbanyak didunia. Perkumpulan pecinta MU telah berdiri diberbagai negara, bahkan situs-situs resmi MU telah dibuat dalam banyak bahasa. Penjualan marchendise MU pun merajai tim-tim lainnya. Dan yang tak luput dari tim sekelas MU adalah mencari bakat-bakat muda yang akan meneruskan kedikdayaannya, oleh karenanya MU pun mendirikan sebuah sekolah sepak bola, yang lulusanya terbukti berjaya di kancah dunia sepak bola. Berderet nama besar telah dilahirkan oleh MU Soccer Academic ini. Dengan segudang prestasi yang ditorehkannya, maka tak salah jika Manchester United memiliki kelas tersendiri, karena kiprahnya didunia sepak bola sangat luar biasa dan saya rasa belum ada tim yang dapat menandingi kedikdayaan MU. Glory Glory MU…. Kibarkan semangat merahmu!

0 komentar:

Posting Komentar